CHICHA KOESWOYO "Semut Hitam Semut Merah"

5 April 2013

Judul Album : Semut Hitam Semut Merah karya Titiek Puspa
Penyanyi : Chicha Koeswoyo dkk
Musik : Mus Mualim
Produksi : Purnama Records
Tahun : 1979

Ini adalah kaset rekaman operet SEMUT HITAM SEMUT MERAH karya TITEK PUSPA yang dipentaskan di Balai Sidang Jakarta, 3 Juni 1979 dengan bintang CHICHA KOESWOYO, SANTI SARDI, TITIEK PUSPA dan ratusan anak-anak yang mendukung operet tersebut. Musik digarap MUS MUALIM dengan serius, konon melebihi musik operet CINDERELLA yang menggemparkan itu.

Alkisah gerombolan semut merah selalu berperang dengan gerombolan semut hitam -- akibat hasutan Kakek Durna (SANTI SARDI). Tapi diam-diam, puteri raja semut merah (CHICHA KOESWOYO) berhubungan baik dan kemudian jatuh cinta dengan putera raja semut hitam (HENDRI NINDIANTO ISKANDAR). Mereka tak suka perang. Lalu keduanya meninggalkan orangtua masing-masing, mengembara mencari seorang guru yang bisa mengajarkan cara hidup yang baik. Mereka pun bertemu dengan Nenek Putih (TITIEK PUSPA), yang lantas mengawinkan keduanya.

Kaburnya kedua anak raja, dimanfaatkan oleh Kakek Durna untuk menggosok kedua raja yang bermusuhan itu. Dikatakan: Puteri Merah diculik Raja Hitam, dan Pangeran Hitam diculik Raja Merah. Ketegangan memuncak. Pertempuran tak terelakkan, dan Kakek Durna sengaja dibikin terbunuh dalam pertempuran itu -- dengan alasan tak sempat menyingkir. Saat itu muncullah Nenek Putih bersama kedua putera raja yang sudah jadi suami-isteri. Nenek Putih pun menjelaskan duduk perkara, tak lupa memberi wejangan, sehingga
dengan mudah kedua gerombolan yang bermusuhan akur kembali. 
CHICHA KOESWOYO tampil sebagai Puteri Merah, yang anggun dan mengundang histeria. Suaranya yang sudah akrab dengak anak-anak dan orang dewasa, menjadi penghubung yang baik antara pentas dan penonton. Begitu juga penampilan SANTI SARDI sebagai Kakek Durna. Berbeda dengan Chicha, yang halus dan mempesona, Santi tampil dengan lucu, polos. Gerak-geriknya menyenangkan, betul-betul mewakili dunia anak-anak. 
(sebagian tulisan PUTU WIJAYA di Tempo Edisi. 16/IX/16 - 22 Juni 1979) 
Operte ini kembali ditampilkan pada 15 s.d. 17 Juni 2012

SIDE A
1. OPENING 
2. JALI-JALI
3. PARADE SEMUT HITAM
4. PARADE SEMUT MERAH
5. SUMPAH SEMUT
6. KONANGAN DURNO
7. PETANI SEMUT HITAM
8. TERIMA KASIH BUNGA
SIDE B
1. DURNO NGADU SEMUT HITAM
2. SEMUT AMBON
3. BERTANI SEMUT MERAH
4. KUPU DAN BUNGA
5. DURNO NGADU SEMUT MERAH
6. AKLAMASI PASUKAN
7. PERANG SEMUT
8. MERAH PULANG CARI MAKAN
Semua lagu karya TITIEK PUSPA, kecuali JALI-JALI karya M. SAGI
Mohon maaf baru ada vol 1, Kaset Operet ini terdiri dari 2 Volume


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar