KOES PLUS "Terbaik-Terbaik"

25 Desember 2014

KOES PLUS
Terbaik-Terbaik

Kelompok ini dibentuk pada tahun 1969, sebagai kelanjutan dari kelompok “KOES BERSAUDARA”. Grup yang berasal dari Tuban ini menjadi pelopor musik pop dan rock 'n roll, bahkan pernah dipenjara karena musiknya yang dianggap mewakili aliran politik kapitalis. Di saat itu sedang garang-garangnya gerakan anti kapitalis di Indonesia. Pada Kamis 1 Juli 1965, sepasukan tentara dari Komando Operasi Tertinggi (KOTI) menangkap kakak beradik TONY, YON, dan YOK KOESWOYO dan mengurung mereka di LP Glodok, kemudian NOMO KOESWOYO atas kesadaran sendiri, datang menyusul. Adik TONY KOESWOYO itu rupanya memilih "mangan ora mangan kumpul" ketimbang berpisah dari saudara-saudara tercinta. Adapun kesalahan mereka adalah karena selalu memainkan lagu - lagu The Beatles yang dianggap meracuni jiwa generasi muda saat itu. Sebuah tuduhan tanpa dasar hukum dan cenderung mengada ada, mereka dianggap memainkan musik "ngak ngek ngok" istilah Pemerintahan berkuasa saat itu, musik yg cenderung imperialisme pro barat.

Dari kelompok KOES BERSAUDARA ini lahir lagu-lagu yang sangat populer. Satu anggota KKOES BERSAUDARA, NOMO KOESWOYO keluar dan digantikan MURRY sebagai drummer. Walaupun penggantian ini awalnya menimbulkan masalah dalam diri salah satu personalnya yakni YOK yang keberatan dengan orang luar. Nama BERSAUDARA seterusnya diganti dengan PLUS, artinya plus orang luar: MURRY.

Dengan adanya tuntutan dari produser perusahaan rekaman maka group-group lain yang “seangkatan” seperti FAVOURITES, PANBERS, THE MERCY'S, D'LLOYD menjadikan KOES PLUS sebagai “kiblat”, sehingga group-group ini selalu meniru apa yang dilakukan Koes Plus, pembuatan album di luar pop Indonesia, seperti pop melayu dan pop jawa menjadi trend group-group lain setelah KOES PLUS mengawalinya (http://kolom-biografi.blogspot.com)

Track List


Download di Judul Lagu
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar