SI KEMBAR "Tinggal Ku Sendiri"

3 September 2013

Judul Album : Tinggal Ku Sendiri
Penyanyi : Si Kembar
Musik : The Flower's
Produksi : Flower Sound
Tahun : 1979

Dalam sejarah musik tanah air, kehadiran musisi bersaudara bukanlah hal baru. Salah satunya Jacob Matius Israel Korengkeng alias JACOB dan Alex Sandri Korengkeng atau akrab disapa ALEX yang tergabung dalam KEMBAR GROUP. Keberadaan mereka boleh dibilang meneruskan kesuksesan yang dicapai Koes Bersaudara, Panjaitan Bersaudara (lebih dikenal Panbers), D’Lloyd, dan The Mercy’s yang kondang di tahun 70-an.
Kiprah KEMBAR GROUP bermula saat melamar untuk nge-band pada Nomo Koeswoyo pada 1974. Kemampuan Jacob dan Alex dalam bermusik tidak terlalu menarik perhatian Nomo. “Band ini tidak bisa dipakai,” ucap Nomo tegas. Mereka lemas mendengar penolakan itu. Tapi hal itu tak membuat JACOB dan ALEX patah arang. Setelah mencoba-berkali-kali, akhirnya mereka bisa juga merekam lagu Anak Muda Jaman Sekarang. “Rekaman kami gagal, sama sekali nggak ada yang mendengarkan lagu kami,” kata JACOB yang lahir 17 menit lebih dulu ketimbang ALEX pada 28 Juli 1956. “Tapi anehnya ketika kami muncul di teve banyak yang mengelu-elukan. Bahkan banyak dari mereka yang penasaran terhadap kami,” tambah ALEX kalem. JACOB mengisahkan, ada salah satu pembeli kaset KEMBAR GROUP yang mengira mereka perempuan saat melihat sampul kasetnya. Tapi setelah mendengar suaranya, sang penggemar baru sadar KEMBAR GROUP adalah cowok. Kesuksesan itu tentu saja makin memicu KEMBAR GROUP untuk membuat lagu lainnya, PUSARA CINTA, lagu mereka berikutnya yang kemudian menjadi hits di akhir tahun 70-an. “Selama ini kami selalu memainkan lagu daur-ulang milik orang lain.
Memasuki 1980-an, ALEX & YACOB sadar akan situasi yang mulai berubah. Mereka pun mengubah konsep bermusik maupun liriknya lebih dewasa dan mencoba mengangkat cerita kenyataan di masyarakat, lewat album bertajuk FRUSTASI .
Album TINGGAL KU SENDIRI adalah album KEMBAR GROUP setelah berubah konsep.

SIDE A
1. TINGGAL KU SENDIRI
    (cipt. Tony C)
2. SETANGKAI BUNGA MAWAR
    (cipt. Minggus T)
3. SENDIRI LAGI
    (cipt. Obie)
4. HARI YANG INDAH
    (cipt. Chris K)
5. HANYA SEMINGGU
    (cipt. Charles H)
6. KEMBARA
    (cipt. Chris K)
7. JANGAN BIARKAN
    (cipt. Hany T)
8. HARAPANKU
    (cipt. Adriyadie)

SIDE B
1. MAMA
    (cipt. Charles H)
2. PERJUANGAN HIDUP
    (cipt. Is Haryanto)
3. HIDUPKU SUNYI
    (cipt. Charles H)
4. PELITA HIDUPKU
    (cipt. Chris K)
5. PERTAMA JUMPA
    (cipt. Charles H)
6. ANDAIKAN
    (cipt. Is Haryanto)
7. TAK SEINDAH CINTA PERTAMA
    (cipt. Yochi)
8. JALAN HIDUPKU
    (cipt. Minggus T)

 
 
Comments
3 Comments

3 komentar:

  • Unknown says:
    21 Maret 2014 pukul 09.03

    Halooo,Mas,akasih banyak....karir mereka si kembar kini jadi legenda di kancah musik pop Indonesia sejak tahun 1974-1991 yang silam...album tinggal ku sendiri saya sempat kenal kastnya sejak album si kembar dirilis tahun 1979 setelah mereka pindah dari remaco ke Flower Sound baru Purnama records>Frustrasi..........sebagai masukan: kapan album Kembar group Flower Sound: Kembara 1978, Jangan Biarkan 1978,Nostalgia senandung Rindu 1980,Album Cinta Nostalgia-Patah Hati, Lagu untukmu 1981,Cinta Bukan Matematika 1983. Tembang kenangan- teruskan saja.......

  • Unknown says:
    9 Juni 2014 pukul 08.22

    album ini Tinggal ku sendiri tahun rilis bukan thn 1981,tetapi tahun 1979,label Flower Sound recording sebelum album Frustrasi&cinta dan Pisang goreng lewat label Purnama 1980........sorry,ini koreksi..

  • Tembang Kenangan says:
    9 Juni 2014 pukul 09.44

    Makasih koreksinya

Posting Komentar