MAKARA "Laron-Laron

23 November 2012

Judul Album : Laron-Laron
Penyanyi : Makara
Musik : Makara
Produksi : Pro Sound
Tahun : 1986

Pada tahun 1986, Grup MAKARA adalah band yang muncul dari kampus UI. Terdiri atas JANUARI IRAWAN (bas), ANDY JULIAS (drums), KADRI (vokal), ADI ADRIAN (keyboards), AGUS ANHAR (gitar) dan HARI MOEKTI (vokal).

Pada album ini, MAKARA dengan terus terang menyatakan bahwa musiknya bernafas "art metal" apakah ini sebuah aliran atau genre baru? Jika kita menyimak dengan seksama album perdana ini, maka kita akan menangkap adanya warna "art rock" istilah yang berkembang di era 70-an untuk menyebut jenis musik rock progresif..dalam beberapa komposisinya akan kita temukan warna ELP, Genesis, Saga, dan Yes.

Irama yang dimainkan memang sangat dinamis. Pola permaianan gitar Agus Anhar memang terbius dari penggalan riff riff metal. Jadi dari sinilah mungkin MAKARA  lalu menyuarakan diri sebagai kelompok pengusung Art Metal.

Dalam album ini terlihat juga bagaimana MAKARA ingin memasukkan unsur musik tradisional. Di beberapa track tersirat adanya musik tradisional kita. Semisal pada lagu "Di Dunia Angan" tersibak atmosfer pentatonik Bali. Bahkan pada lagu "Fabel" mencuat pengaruh alam Minang lewat atmosfer instrumen Talempong.

Lagu yang menjadi Hit dan diputar di radio-radio saat itu adalah lagu “LARON-LARON” sebuah metaphora tentang urbanisasi dengan lirik yang cerdas dan kritis. Perpaduan vocal HARI MOEKTI yang kuat dengan KADRI sungguh bisa membangun gagasan atau pesan pada lagu ini.
(tulisan Arif Gumantia http://arifprasetya1972.blogspot.com/)

SIDE A
    (cipt. Andy Julias)  
2. ROSITA
    (cipt. Yanuar Irawan)
    (cipt. Andy Julias & Yanuar Irawan)
    (cipt. Kadri)
    (cipt. Yanuar Irawan/Makara)

SIDE B
    (cipt. Andy Julias & Yanuar Irawan)
    (cipt. Ady & Yanuar Irawan)
3. FABEL
    (cipt. Andy Julias & Yanuar Irawan)
    (cipt. Agus Anhar & Dedy Diana)
    (cipt. Andy Julias & Yanuar Irawan)   

http://borneoclassicrock.blogspot.com/
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar